Oleh: karanetclub | Juli 20, 2010

Peluang toko online

Meskipun peluang bisnis dan peluang usaha ini berupa toko namun tidak sama dengan toko-toko pada umumnya. Usaha ini tidak memerlukan tempat dan modal yang harus disediakanpun relatif kecil. Namun dari toko ini dapat dihasilkan uang yang lumayan besar karena toko yang satu ini buka 24 jam sehari , 7 hari seminggu dan dapat dilihat dari seluruh dunia. Di toko online ini anda dapat menjual berbagai macam produk baik untuk tujuan dalam negeri maupun luar negeri. Untuk menawarkan barang kepada pembeli anda tidak perlu memilki barangnya terlebih dahulu cukup dengan hanya menampilkan gambarnya di toko online anda.

Usaha yang satu ini dapat anda lakukan sendiri walaupun anda masih seorang karyawan sekalipun. Anda hanya perlu bertemu calon pembeli hanya bila adanya transaksi dan kalau memang dirasakan perlu untuk bertatap muka. Untuk tujuan ekspor anda dapat memperkerjakan seorang karyawan yang memang dapat menangani proses ekspor/impor dan sekaligus bahasa asing.

Target Pasar

Target pasar anda adalah pembeli dari dalam dan luar negeri. Namun anda juga dapat menawarkan jasa anda kepada orang lain yang ingin membuat toko online namun mereka tidak dapat melakukannya sendiri.

Hal-hal Yang Dibutuhkan

Untuk membuat toko online ini anda mempunyai 2 alternatif yakni memakai jasa pembuat toko online/website atau anda membuat website itu sendiri. Bila anda ingin membuat toko online untuk diri anda sendiri maka anda dapat menghubungi produsen produk yang akan anda pasarkan lewat toko online anda. Anda dapat menawarkan jasa anda untuk ikut memasarkan produk mereka lewat toko online anda. Anda dapat memperoleh untung dengan dua cara yakni si produsen berbagi keuntungan dengan anda atau anda dapat menaikkan harga produk tersebut di toko online anda.

Cara bertransaksinya adalah ketika calon pembeli menghubungi anda untuk melakukan pemesanan barang maka anda dapat menghubungi pihak produsen untuk menyediakannya. Untuk memperkecil resiko terjadinya pembatalan pemesanan maka anda dapat meminta agar calon pembeli mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu sebagai tanda jadi. Dan anda dapat menggunakan uang tersebut untuk melakukan pemesanan kepada produsen barang.

Kendala

Usaha lewat toko online ini memerlukan kesabaran karena untuk orang mengenal toko online/website anda diperlukan waktu. Pengetahuan untuk mengelola website ini juga dibutuhkan kecuali pengetahuan dalam bahasa inggris. Resiko lainnya adalah kemungkinan terjadinya penipuan yang bisa saja terjadi dengan konsumen memesan barang dari kita, tetapi begitu kiriman barang sampai pembayaran tidak kunjung dilakukan. Untuk itu sebaiknya jumlah pemesanan barang dibatasi jika anda baru pertama kali melakukan transaksi dengan calon pembeli tersebut. Jumlah pemesanan dapat ditambah seiring dengan bertambahnya kepercayaan anda terhadap konsumen ini.
sumber :http://jimmykurniaindradjaya.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: