Oleh: karanetclub | Agustus 12, 2010

Ada 12 Pilar Marketing (bagian 3)

Anda sudah mempraktikkannya? Ingat, dalam Marketing Revolution saya, kata kuncinya adalah PRAKTIK dan DIUKUR.

Dalam mempraktikkan pilar advertising,yang harus kita ingat adalah meskipun kita mendapatkan iklan misalnya dengan cara barter sekalipun, iklan tersebut harus diukur tingkat keefektifannya. Dalam hal ini, saya senantiasa memperhatikan secara saksama. Misalnya, jika perusahaan saya beriklan di manapun, akan selalu saya ukur tingkat efektivitas HASIL-nya. Karena itu, saya selalu melakukan tes kecil terlebih dahulu sehingga jika pada saatnya saya harus mengeluarkan investasi yang besar untuk advertising,hasilnya pun akan bisa lebih dahsyat, sesuai yang saya inginkan.

Untuk pilar marketing berupa direct mail,direct sales,dan direct agent tetap
harus diukur pula tingkat keefektifannya.Sebab,cukup banyak perusahaan yang menghabiskan biaya besar untuk pilar-pilar tersebut, tetapi tidak pernah diukur sehingga biaya-biaya itu terbuang percuma. Maka,mulai saat ini,apapun aktivitas pilar marketing Anda, harus selalu diukur dengan saksama. Selanjutnya kita akan membahas secara singkat pilar marketing yang ke-8 hingga ke-10.

Pilar ke-8 adalah host beneficiary, artinya ketika kita mau berjualan, harus
ada induknya. Jika kita ingin menjual mobil mewah, pangsa pasar yang paling
mendekati adalah para pembeli apartemen mewah.Biasanya pengembang apartemen mewah telah mempunyai database para pembelinya. Karena itu,perusahaan mobil mewah bisa bekerja sama dengan pihak pengembang apartemen untuk mengadakan test drive mobil mewah terbaru dengan biaya ditanggung penuh dari pihak perusahaan mobil khusus untuk penghuni sebuah apartemen elite.

Pada prinsipnya, kita bisa bekerja sama dengan suatu perusahaan tertentu untuk menyentuh target marketyang ada induknya. Sebagai contoh lain, misalnya merek mobil mewah “A”mampu menjual mobil seri terbarunya dengan lebih cepat dengan bekerja sama dengan bank “B”,yang memiliki para nasabah yang mempunyai tabungan di atas Rp500 juta yang berjumlah lebih kurang 60.000 nasabah. Hal itu dimungkinkan karena tentu saja mereka adalah orang-orang menengah ke atas yang merupakan target market yang tepat bagi merek mobil mewah “A”.

Hal ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan memasang iklan mengenai
merek mobil mewah “A” di media karena bisa jadi biayanya hampir Rp100 juta, tetapi yang membeli hanya satu orang. Pilar ke-9 adalah telemarketing, yaitu menyentuh target market dengan sepenuhnya menggunakan telepon. Dalam hal ini sangat diperlukan sales script yang benar-benar teruji agar telemarketing dapat menyentuh target marketyang tepat. Pilar ke-10 adalah joint venture, contohnya sebagai seorang pembicara sering kali saya mendapatkan permintaan dari berbagai perusahaan,bahkan pernah dalam satu bulan saya harus mengadakan 52 kali seminar
berturutturut.

Karena itu, saya mengadakan joint venture dengan pembicara lainnya. Jika memang jadwal saya sudah tidak bisa lagi untuk mengadakan seminar,lebih baik saya memberikannya ke pembicara lain (meskipun orang lain mengatakan bahwa pembicara tersebut sebenarnya merupakan kompetitor saya).Sebab,dengan demikian,di lain waktu saya akan mendapatkan berbagai keuntungan berupa kesempatan yang diberikan pembicara lainnya.

Terus baca dan praktikkan petunjuk dalam artikel-artikel saya selanjutnya di koran SINDO.Saya yakin dan senantiasa berdoa agar Anda pun akan mendapatkan hasil yang dahsyat dalam bisnis Anda di tahun yang baru ini dan juga di tahun-tahun selanjutnya.(*) Tung Desem Waringin Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business
2005


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: