Oleh: karanetclub | Agustus 12, 2010

Ada 12 Pilar marketing (bagian 2)

12 Pilar Marketing (bagian 2)

Sedikit menyegarkan ingatan kita kembali, bahwa dalam Marketing Revolution terdapat 12 cara pendekatan atau 12 pilar marketing untuk menyentuh target pasar.
Ke-12 pilar marketing itu merupakan rangkuman suatu konsep pemasaran dahsyat yang sudah sangat teruji. Seperti sudah saya uraikan sebelumnya, bahwa jika Anda melakukan pilar-pilar yang saya ajarkan, tentu akan mendapatkan hasil yang dahsyat pula. Pilar ke dua adalah referral, yaitu bukan kita sendiri yang menyentuh pasar.

Sebelumnya saya ingin menanyakan, siapa dari Anda yang pernah datang ke salah satu seminar saya karena diajak oleh rekan Anda? Ternyata, dari hasil yang saya peroleh ketika saya menanyakan hal itu di berbagai seminar yang saya adakan, banyak peserta seminar saya ternyata merupakan hasil dari referral.

Dalam hal ini kita bisa memberikan suatu bentuk program untuk referral,
misalnya member get member. Cara ini telah banyak dipakai oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang kartu kredit, mereka sering kali memberikan program member get member, dan memberikan poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai produk yang sangat menarik. Sering kali para pengusaha melupakan cara referral ini.

Saya telah mempraktikkan cara ini untuk menawarkan pelbagai seminar yang saya adakan, misalnya dengan cara menawarkan diskon hingga 30% bagi peserta yang mendaftar berdua.Daripada saya harus mencari sendiri konsumen baru, lebih baik melalui orang lain yang mengajak meskipundenganmemberikansedikitpotongan harga.

Caratersebutakanmampumenjadi sarana faktor kali pemasaran kita. Pilar yang ketiga adalah endorsement, atau yang menjual bukanlah kita sendiri. Hampir sama dengan referral, namun jika referral satu orang biasanya mengajak satu, namun pada endorsement, satu orang bisa mengajak seribu orang.

Contohnya, Anda sudah mempunyai dokter bedah yang menjadi pelanggan Anda. Anda bisa menawarkan kepada dokter bedah tersebut, “Bapak mau mendapatkan program ini selama satu tahun?”, jika dia menjawab mau, maka kita bisa memberikan penawaran berikut,”Bapak bisa memberikan surat kepada seluruh dokter bedah di Indonesia untuk memberikan testimony bahwa Bapak telah mengikuti seminar saya.

Contoh lainnya pada saat saya diundang oleh suatu perusahaan maintenance
penerbangan,saya menanyakan apakah mereka mempunyai daftar orang-orang kelas atas yang menjadi database mereka. Misalnya dari situ kita tahu ada presiden direktur suatu perusahaan penerbangan terpercaya, maka dia bisa didatangi dengan mengatakan,

“Apakah Bapak mau untuk mendapatkan gratis kontrak total selama lima
tahun?”jika presiden direktur perusahaan penerbangan tersebut bersedia, kita bisa memintanya untuk menuliskan surat bahwa perusahaannya telah merasakan kepuasan terhadap layanan yang diberikan, dan diminta untuk mengirim ke seluruh perusahaan penerbangan terkemuka.

Surat itu isinya bisa sebagai berikut: ” Kepada Yang Terhormat Presiden
Direktur Perusahaan Penerbangan … saya adalah… Presiden Direktor dari
Perusahaan …selama ini saya tidak pernah memberikan testimony terhadap suatu perusahaan maintenance pesawat terbang, ini untuk pertama kali dan mungkin untuk terakhir kalinya saya memberikan testimony.

Ini karena salah satu pesawat dari perusahaan saya telah diselamatkan oleh
perusahaan ini, dengan memberikan lebih dari yang kami inginkan,sehingga mampu memberikan penghematan biaya servis pesawat saya hingga 70%, oleh karena itu kami mengadakan kontrak service selama 5 tahun. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi yang lebih jauh tentang perusahaan maintenance ini, silahkan buka halaman selanjutnya”.

Dan selanjutnya kita bisa memberikan berbagai promosi yang kita tawarkan.
Sekali lagi, banyak pelajaran dalam Marketing Revolution ini yang sudah saya
praktikkan sendiri atau dipraktikkan banyak orang lain dan akhirnya mampu
menghasilkan pemasaran yang dahsyat.

Oleh karena itu, sekarang giliran Anda untuk PRAKTIK apa yang telah Anda baca selama ini mengenai Marketing Revolution saya. Saya sangat berharap Andapun mampu meraih hasil yang dahsyat. Jangan lupa, bagikan keberhasilan Anda kepada orang-orang yang membutuhkannya dan terus ikuti artikel saya di koran SINDO minggu depan.(*)

Tung Desem Waringin
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business
2005


Tinggalkan Balasan

Kategori

