Oleh: karanetclub | Agustus 12, 2010

Ada 12 Pilar Marketing

Dalam Marketing Revolution saya, untuk menyentuh target pasar terdapat 12 cara pendekatan atau 12 pilar marketing.Ke-12 pilar marketing itu merupakan rangkuman suatu konsep pemasaran dahsyat yang sudah sangat teruji. Dan jika Anda melakukannya, tentu akan mendapatkan hasil yang dahsyat pula. Pada umumnya seseorang yang berkecimpung dalam bidang marketing hanya melakukan beberapa pilar marketing, bahkan ada yang selama bertahun- tahun hanya melakukan satu pilar marketing dalam menjalankan usahanya.

Padahal kalau suatu perusahaan mampu melakukan ke-12 pilar tersebut, mereka akan mendapatkan hasil yang sangat dahsyat. Akan saya uraikan beberapa di antara 12 pilar tersebut. Kita memulai dari lingkaran yang pertama bagian atas, yaitu market. Dari semua market, tentu saja tidak semuanya akan kita masuki. Kita harus mempunyai target market. Dari target market tersebut, ada existing customer – orang yang sudah menjadi konsumen kita,dan itu yang merupakan konsumen yang paling bagus.

Pilar yang pertama adalah public relation, publisitas atau press release. Banyak orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release,padahal hal tersebut merupakan suatu sarana awareness yang paling murah dan efektif, karena dalam satu waktu bisa menyentuh banyak orang sekaligus. Press release ini telah saya praktikkan sendiri pada saat saya me-launching buku Financial Revolution (FR). Pada waktu itu, saya menaiki kuda setinggi dua meter, memakai blangkon, dan berpakaian ala Jenderal Sudirman dengan membawa buku FR dalam skala besar sambil menyusuri Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, yang merupakan salah satu jalan teramai dan terpadat di Jakarta pada jam dua siang. Jalan Sudirman pun sempat dihentikan.Pada saat itu banyak sekali wartawan dari berbagai media massa yang meliput aktivitas saya tersebut, dari media lokal hingga nasional,mulai koran, majalah, radio hingga televisi, dan semuanya GRATIS. Hingga akhirnya, liputan tersebut menjadi cover majalah untuk berbagai media massa, atau menjadi liputan utamanya.

Sebelum acara tersebut, saya telah mengirimkan surat kepada para wartawan dari berbagai media massa yang bunyinya sebagai berikut: Kami akan mengadakan launching buku Financial Revolution,peluncurannya akan dilakukan dengan cara yang sangat heboh. Menggunakan kuda setinggi dua meter, menggunakan blangkon dan pakaian ala Jenderal Sudirman, dan melintasi jalan Jenderal Sudirman,dimulai dari jam dua siang. http://www.gsn-soeki.com/wouw/ Dimulai dari Landmark menuju Planet Hollywood,jalanan akan ditutup sementara,saya akan mendeklarasikan perang terhadap kemiskinan.Bagi para wartawan yang berminat,silakan menghubungi kami.Kami juga menyediakan makan siang dan akan kami undi sejumlah hadiah yang antara lain DVD, handphone,i-Pod. Dengan berita yang sangat heboh seperti itu, ditambah dengan berbagai hadiah menarik yang akan diundi, ternyata terbukti bahwa sangat banyak wartawan dari berbagai media yang tertarik dan datang untuk meliput acara saya tersebut. Dengan demikian, sebenarnya saya telah melakukan penghematan hingga ratusan juta rupiah untuk liputan dalam rangka mempromosikan peluncuran buku Financial Revolution tersebut. Banyak pelajaran dalam Marketing Revolution ini yang sudah saya praktikkan sendiri,atau banyak orang lain yang sudah mempraktikkan dan akhirnya mampu menghasilkan suatu target pemasaran yang dahsyat. Oleh karena itu, sekarang giliran Anda untuk PRAKTIK apa yang telah Anda baca selama ini mengenai Marketing Revolution saya.

Saya sangat berharap Anda pun mampu meraih hasil yang dahsyat. Jangan lupa, bagikan keberhasilan Anda kepada orang-orang yang membutuhkannya dan terus ikuti artikel saya di koran SINDO ini pekan depan.(*) Tung Desem Waringin Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: