Oleh: karanetclub | Agustus 12, 2010

ada 12 pilr marketing(bagian 4)

12 Pilar Marketing (bagian 4)

Sejenak kita menyegarkan kembali inti pilar-pilar yang telah kita bahas
sebelumnya. Dalam artikel terakhir, kita telah membahas pilar kedelapan hinggakesepuluh.

Adapun pilar ke delapan adalah host beneficiary: Dalam melakukan pemasaranbisnis,kita prinsipnya bisa bekerja sama dengan suatu perusahaan untukmenyentuh target market yang ada induknya, maka hasilnya pun akan lebihoptimal.Lalu, pilar kesembilan adalah telemarketing, kembali saya ingatkanbahwa dalam hal ini sangat diperlukan sales script yang benar-benar teruji,sehingga usaha yang kita lakukan dapat menyentuh target yang kita targetkan.

Kemudian pilar kesepuluh adalah joint venture: Dalam bisnis yang kita lakukan,sebenarnya kita bisa mengadakan berbagai kerja sama, bahkan joint venturedengan kompetitor kita sekalipun. Tentu saja dengan mengadakan perjanjian kerjasama sebelumnya, dan prinsipnya tetap harus selalu bisa mendatangkan keuntunganpeningkatan pemasaran kita.

Sekarang kita akan membahas secara singkat pilar yang ke-11 dan ke- 12. Pilar
ke-11 adalah memberikan seminar. Daripada kita beriklan secara besar-besaran disuatu media, tanpa adanya fokus ke target market yang tepat sehingga tidakmendapatkan hasil yang optimal, maka sebaiknya kita melakukan pilar marketingke-12 ini, yaitu mengadakan seminar.

Dengan mengadakan seminar, sebenarnya kita akan dapat lebih fokus kepada targetmarket kita (tentu saja jika seminarnya dipersiapkan dengan matang ). Sebagaicontoh: Suatu bank tentunya lebih senang untuk memberikan kreditnya kepadaorang yang mempunyai uang.

Nah, seandainya Anda sebagai pengusaha properti, bisa bekerja sama dengan
bank-bank tersebut untuk mengadakan seminar tentang properti, misalnya denganjudul “Bagaimana Membeli Properti Tanpa Uang Muka, Cicilannya Dibayar olehPenyewa, dan Masih Surplus Setiap bulan”.

Bisa pula ditambahi promosi bahwa seminar ini investasinya Rp5 juta, namun bagiAnda nasabah prioritas kami, dengan ini boleh datang GRATIS, berhadiah TVplasma dan mobil yang akan diundi di akhir seminar. Ketika mereka datang, kitabisa menjelaskan dengan lebih detail tentang produk yang kita tawarkan, dankita berikan berbagai macam hadiah langsung dengan memberikan pembatasan.

Misalnya yang diundang 500 orang, yang datang 200 orang, maka kita bisa
memberikan penawaran kepada 200 orang tersebut, kepada siapa yang benar-benartertarik, kita akan memberikan bonusbonus yang luar biasa. Dan jika denganmenggunakan cara itu bisa menghasilkan kesuksesan dalam penjualan yang luarbiasa, kita bisa terus-menerus mengulanginya dan terus mengukur sertamemodifikasinya.

Atau kita juga bisa mengundang bagi para konsumen yang telah membeli propertiminimal senilai Rp500 juta di seluruh Indonesia untuk diberikan seminar inisecara gratis pula, atau bisa mengajak rekan bisnisnya,dan kita akan memberikantiket pesawat serta kupon hotel secara gratis,dan akan mendapatkan undianberupa sebuah mobil.

Dalam mengadakan seminar ini, kita harus berprinsip mendatangkan mereka yangmenjadi target market terlebih dahulu kemudian diadakan tes kecil, dan jika haltersebut menguntungkan, kita dapat terus menerus mengulanginya. Pilar ke-12adalah canvasing/booth.

Pilar ini sangat efektif jika diadakan dengan target market yang tepat.
Biasanya cara ini banyak digunakan di berbagai mal besar.Yang terpenting, dalamhal ini adalah semuanya harus senantiasa diukur, karena jika tidak pernahmengukurnya secara berkala dengan saksama, kita justru akan mengalamikebangkrutan; dan celakanya, kita terlambat untuk mengetahui indikasi-indikasikerugiannya sejak dini.

Tidak sedikit saya temukan berbagai usaha yang tetap ngotot untuk membuka boothdi berbagai mal besar tanpa pernah mengukur efektivitas secara saksama, yangterjadi adalah kerugian yang semakin besar yang akan ditanggung.Padahal,sebenarnya hal itu dapat diantisipasi apabila kita mengadakan monitoring secaraseksama sejak dini.

Contoh lainnya, kita ingin membuka boothuntuk menjual produk kita berupa
buku-buku tentang leadership atau marketing, , maka akan sangat efektif jika
kita bisa membuka booth tersebut di acara seminar-seminar besar yang berkaitandengan leadershipdan marketing. Telah saya uraikan 12 pilar marketing yang sangat dahsyat, tentu jika Anda mau dan tekun melakukan ke-12 pilar tersebut,maka perusahaan Anda akan mengalami perkembangan yang dahsyat pula.

Namun, sayangnya masih banyak orang hanya sekedar membaca, sedangkan sebenarnyaada hal penting yang harus segera diwujudkan, yaitu PRAKTIK. Saya berharapdengan ketekunan melakukan action dan senantiasa diukur tentunya, keberhasilanbisnis Anda akan segera terwujud. Sampai ketemu pekan depan di harian SINDOini! (*)

Tung Desem Waringin
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business
2005


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: