Oleh: karanetclub | Agustus 12, 2010

Bebek yang Edan Empuknya, Edan Gurihnya

Bebek yang Edan Empuknya, Edan Gurihnya
Foto: Bondan W

Jakarta – Cak Topa, alias Mustofa, adalah mantan pekerja seni yang banting setir menjadi penjual makanan. Diawali dengan gerai sederhana sekitar empat tahun yang lalu di sebuah lapangan futsal, Cak Topa sekarang sudah berpenampilan restoran. Maklum, citarasa bebek masakannya memang unggul, sehingga pelanggannya pun terus bertambah.

Pada dasarnya, masakan bebek Cak Topa mirip dengan bebek goreng gagrak Madura yang banyak dijumpai di Surabaya. Bebek diungkep dalam bumbu dan direbus sampai empuk, sebelum kemudian digoreng atau dibakar. Dengan proses seperti itu, pastilah daging bebeknya akan empuk, dengan bumbu-bumbu yang meresap hingga ke serat-serat dagingnya.

Sajian paling populer di Cak Topa adalah bebek goreng cabe ijo (Rp 23 ribu). Cabe ijo-nya mirip dengan sambal yang biasa kita jumpai di rumah makan Padang. Mak nyuss! Bila kurang suka bebek, ada pilihan ayam. Dibandingkan beberapa rumah makan bebek lainnya, Bebek Cak Topa termasuk di papan atas dalam kualitas.

Cak Topa memang hanya menyajikan masakan bebek dan ayam. Beberapa hidangannya antara lain adalah: bebek peking goreng, bebek bakar bumbu rujak, bebek bakar bumbu kecap, sate bebek, dan nasi goreng bebek. Jangan lewatkan ati ampla bebek tumis cabe ijo (Rp 16 ribu) sebagai tambahan. Menu paket kompletnya (termasuk bebek/ayam, nasi putih, urap, tahu dan tempe) dihargai Rp 31 ribu.

Sebagai pendamping, dapat dipesan tempe atau tahu goreng, tahu petis, perkedel jagung, urap, atau tumis kangkung. Ada juga sajian tahu telur yang sangat khas Surabaya. Dapat pula dipesan berbagai sambal pencit (dari mangga muda), sambal terong, sambal tomat, dan berbagai sambal lain.

Menu minumannya pun sangat beragam. Favorit saya adalah es temulawak. Ada juga es beras kencur dan berbagai minuman modern, seperti: es lemon daun mint, es lime mint, lemon crush, teh lychee, dan lain-lain. Minuman panas tradisionalnya adalah teh poci, wedang jahe, dan kopi brotoseno.

Untuk pencuci mulut setelah menikmati masakan yang pedas dan gurih, tersedia pisang bakar karamel a la mode (dengan topping es krim), pisang goreng, tape goreng, dan tape bakar keju. Cak Topa memang bukan lagi warung sederhana di pinggir lapangan futsal. Ia telah bertransformasi menjadi restoran yang pantas untuk kaum berdasi, sekalipun harganya masih dipertahankan selayak mungkin.

Bebek Edan Cak Topa juga hadir di foodcourt Gedung Energy di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. (Bondan Winarno)

Bebek Edan Cak Topa
Jl. Cikajang 38
Jakarta Selatan
021 7203988
http://www.bebekedancaktopa.com


Responses

  1. Nikmat.Mak nyuss


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: