Oleh: karanetclub | Agustus 17, 2010

Diskusi ISO(penawaran Yang dahsyat)

eko_juna: assalamu’alaikum semuanya
siskatk: waalaikumsalam🙂
nagarimagek: wah, ngeri deh..
nagarimagek: ini sekedar sharing dari saya dari seminarnya pak tung dw
nagarimagek: mudah2an sy bisa menyampaikannya dgn baik…
nagarimagek: materi ini cocok utk kita2 pengusaha kelas ukm
nagarimagek: ala street smart, alias show me the money…
nagarimagek: kita gak punya anggaran yg banyak utk marketing, branding dll…
nagarimagek: jadi, ibarat penembak jitu, pelurunya sedikit, harus tepat sasaran…
nagarimagek: bisnis tidak ada sebelum dilakukan PENAWARAN…
nagarimagek: jadi, yg penting bukanlah kartu nama, kantor yang mentereng, kecanggihan IT, bahkan bukan juga produk…
nagarimagek: tapi: penawaran…
nagarimagek: semua itu gak ada artinya sebelum anda melakukan penawaran…
nagarimagek: contoh penawaran: saya kasih anda uang, anda kasih saya es krim
nagarimagek: masalah dengan penawaran adalah:
nagarimagek: 1. apa yg anda jual
nagarimagek: 2. berapa harganya?
nagarimagek: 3. kenapa saya harus percaya kepada anda?
nagarimagek: 4. apa untungnya buat saya?
nagarimagek: jadi, kita melihat dari sisi konsumen
nagarimagek: apakah produk yg kita tawaran memenuhi kebutuhan konsumen?
nagarimagek: mungkin kita pernah dengar istilah sensational offer
nagarimagek: sekarang ada tambahan lagi: irresistible sensational offer
nagarimagek: jadi, penawaran yg gak mungkin ditolak
nagarimagek: hanya orang bodoh yang menolaknya..
nagarimagek: hmmm..
nagarimagek: silakan dipikirin, kira2 anda pernah nggak mendapatkan penawaran spt ini..nagarimagek: contohnya saya:
nagarimagek: sy sering ditelpon oleh tele marketing kartu kredit dan selalu saya tolak
nagarimagek: sy sudah punya dua dan itu pun jarang dipake, alasan saya…
nagarimagek: hampir semuanya mental…
nagarimagek: kecuali yang satu, beberapa wkt lalu
nagarimagek: sy ditelpon oleh citibank
nagarimagek: dia langsung nawarin abonemen telkomsel gratis utk saya…
nagarimagek: sy jadi mikir juga…
nagarimagek: otak sy mikir, sy kan punya 5 account telkomsel (halo) atas nama saya..
nagarimagek: hmm, lumayan juga kalo dibayarin…
nagarimagek: ternyata nggak! cuma satu doang!
nagarimagek: akhirnya sy nggak jadi…
brian_id2001: jgn lupa di cek biaya air timenya pak
nagarimagek: sayang sensational offernya gak terlalu hebat
nagarimagek: tapi, lumayan, bikin saya tertarik
nagarimagek: mungkin teman2 ada pengalaman spt ini juga..
nagarimagek: kira2 spt itulah irresistible sensational offer itu…
nagarimagek: contoh lain sdh sy sebutkan di pengantar…
nagarimagek: spt domino’s pizza: kalo lewat dari 30 menit, gratis!
nagarimagek: ini dibuktikannya
nagarimagek: bahkan dia sengaja dibuat lambat 1 menit
nagarimagek: dan konsumen dapat gantinya…
digonang: kalo misalnya untuk bisnis laundry: “jika tidak bersih, gratis cuci ulang” termasuk juga nggak Pak?
nagarimagek: dan ini jadi omongan di mana2…
nagarimagek: iya pak..
nagarimagek: tambahan lagi:
nagarimagek: cara memperkuat penawaran anda:
nagarimagek: 1. buat semacam keterbatasan, contoh: hanya utk 50 org pertama, hanya bulan agustus saja, dsb…
nagarimagek: 2. buat nilai tambah, jadi produknya ada nilai tambah. jangan standard yg org lain bisa tiru
nagarimagek: 3. risk reversal, orang takut risiko, maka buat jaminan uang kembali, payment plan (cicilan), free sample (marketing ala narkoba:))
nagarimagek: contoh lain:
nagarimagek: garansi
nagarimagek: pay for result
nagarimagek: free support
nagarimagek: try before you buy…
nagarimagek: 4. kemudahan dalam berbisnis, make it simple, jangan bertele2
nagarimagek: 5. pricing tactic, mahal dulu baru murah. contoh: harga yg dicoret
nagarimagek: diskon
nagarimagek: rabat
nagarimagek: kupon
nagarimagek: 6. rekomendasi
nagarimagek: udah pak…
nagarimagek: materinya cuma segitu2 nya…
nagarimagek: tapi, kalo dipraktekkan. …luar biasa!
nagarimagek: skrg pikirkan, apa yg bisa anda tawarkan…
nagarimagek: yg jelas, tawaran itu tidak boleh rugi, hrs untung…
nagarimagek: makanya, hitungan hrs matang….
nagarimagek: dan selalu lakukan test and measure
nagarimagek: mulai dr yg kecil dulu..uji coba..
nagarimagek: tapi, materi tadi masuk akal ya…
nagarimagek: dan bisa langsung dipraktekkan. ..
dhian_kurnia: Pak, kalo penawaran yg pernah dilakukan oleh P Roni sendiri yg ga mungkin ditolak oleh konsumen apa ??
nagarimagek: sy berikan garansi 30 hari uang kembali..
dhian_kurnia: Dari pengalaman P Roni sendiri
nagarimagek: sejauh ini bisa dibilang sukses…
dhian_kurnia: yg lebih dari itu pak.. ato mungkin yg sekarang masih di “dapur” ?? :d
nagarimagek: masih ada yg di dapur juga..:)
nagarimagek: point2 1, 2, 3, 4.. itu hampir semuanya sudah sy lakukan…
digonang: bagaimana kalo irresistible sensational offer digabung sama co branding, misal: jika ada yang memasukkan laundry dengan nilai lebih dari Rb 50.000 akan dapat gratis 1 porsi ketupat sayur padang? kira-kira worth nggak Pak Rony?
nagarimagek: di sini kita tidak menilai benar atau salah…
nagarimagek: tapi, bagaimana hasilnya..
nagarimagek: kalau berhasil, ya dianggap benar…
nagarimagek: selalu lakukan test and measure…
nagarimagek: yg berhasil di saya, belum tentu berhasil di bisnis anda, yg penting idenya itu…
digonang: berarti dalam hal ini case per case ya Pak?
nagarimagek: iya
nagarimagek: makanya penting test and measure itu
nagarimagek: dan lakukan uji coba dalam skala kecil dulu…
nagarimagek: utk mengantisipasi kerugian yg besar..atau bad publicity..
digonang: maksud skala kecil itu hanya pada sebagian konsumen saja atao offer-nya dalam skala lebih kecil?
nagarimagek: bukan, misalnya pasar anda seluruh indonesia…
nagarimagek: anda coba dulu misalnya di 1 propinsi, sbg proyek percontohan
nagarimagek: kalau berhasil, baru dibuat nasional
digonang: baik pak, cukup, silahkan yang lain
nagarimagek: ini beda dgn perusahaan besar, biasanya langsung kampanye scr nasional…krn anggarannya tdk terbatas.
nagarimagek: lanjut..
agusalis: itu 30 hari uang kembali maksudnya
agusalis: gimana ?
agusalis: barang yg sudah dibeli bisa balik
davidrakhmadi: sensational offer vs cost vs customer complain pak
agusalis: kalo udah dipake ?
nagarimagek: iya, bagi yg mau coba produk saya, dalam 30 hari bisa dikembalikan uang 100%,
nagarimagek: maksudnya pak agus?
agusalis: kalo udah dipake gak bisa dibalikin ya pak ??
nagarimagek: di amerika pernah ada, udah dipake bertahun-tahun pun bisa dibalikin
nagarimagek: dan memang ada yg melakukannya. .
agusalis: nah di pak roni bgmn ?
nagarimagek: sy lupa perusahaannya. ..
nagarimagek: kl saya 30 hari, karena ada itung2annya. ..
nagarimagek: soalnya, ini bisa jadi bumerang juga…
dhian_kurnia: ** Nike pak.. setahun baju reject diganti baru
nagarimagek: ini tetap terus saya lakukan test and measure..
nagarimagek: kalau membahayakan, ya harus diganti dgn yg lain…
davidrakhmadi: sensational offer vs biaya yg timbul + sensational offer vs customer complain, gimana itu pak itung2annya+ ngukurnya?
nagarimagek: ngukurnya ya di profitnya pak…
nagarimagek: jangan sampai merugikan…
nagarimagek: itung2anya silakan dibuat sendiri lah…
davidrakhmadi: test dan measure pak ya??
nagarimagek: contoh: ada bengkel yg ngasih mobil gratis selama mobil kita diperbaiki
nagarimagek: tentu dia punya itung2annya. ..
nagarimagek: dan gak rugi
eko_juna: prosentase yg menggunakan peluang itu berapa pak roni ?
nagarimagek: maksudnya? yg uang kembali?
eko_juna: ya
nagarimagek: lumayan juga pak..
nagarimagek: ada juga…
nagarimagek: ada yg begitu, coba belanja 10 juta, kemudian balik 10 juta…
nagarimagek: ya saya kembalikan.. .
nagarimagek: no hurt feeling…:)
nagarimagek: jadi, kita juga hrs siap dgn org yg bermaksud kurang baik spt ini…
eko_juna: punya prosentasenya gak pak, krn kata brad sugar paling yg begitu hanya 1-3 %
nagarimagek: contoh, liat nggak iklan di rumah makan padang
nagarimagek: iklan sampoerna hijau…
agusalis: ya..ya…ya. ..
agusalis: pasti ada ya pak
nagarimagek: dia cuma makan pake kuah doang hahaha…
nagarimagek: iya pak eko, kira2 paling tinggi 10% lah…
nagarimagek: lanjut…
feli_alfalah: ok, saya mau tanya mengenai sample pa
feli_alfalah: sample itu kan kita kasih penawaran kepada calon pelanggan atau agen, biasanya cuman dikit jarang yang lebih dari 5 pcs
feli_alfalah: biasanya hitungan harganya gimana pa ?
nagarimagek: sample gratis? sy nggak sarankan…
nagarimagek: kecuali utk makanan…
feli_alfalah: bukan gratis :d
feli_alfalah: misal untuk garmen spt manet
nagarimagek: ooo
feli_alfalah: penawaran kpd agen dll
nagarimagek: ya, tetap hrs untung pak…meskipun tipis…
nagarimagek: tetap pakai logika show me the money..
feli_alfalah: berarti setipis harga agen ya pa
feli_alfalah: bisa spt itu ?
nagarimagek: ini agak teknis ya pak…
nagarimagek: soalnya variabel lain jg hrs dihitung…
feli_alfalah: o, ic, :d yup, lanjt di privat aja pa
nagarimagek: oke, lanjut….
blinxsatan: pak roni lebih menitik beratkan kemana penawaran tersebut
blinxsatan: ke agen
blinxsatan: ke konsumen
blinxsatan: ato ke sales
nagarimagek: kalau saya ke agen, otomatis juga ke konsumen…
anaqinabil01: pertanyaan pak eko di hide pak ya
nagarimagek: cukup pak?
blinxsatan: jadi lebih memberikan kesempatan ke agen untuk improvisasi ya
nagarimagek: iya..
blinxsatan: dalam bentuk apa pak ??
nagarimagek: maksudnya?
blinxsatan: bonus akhir bulan ato diskon ke agen ??
anaqinabil01: jadi kurang nyambung nih…:)
blinxsatan: ato semacam kejutan ke agen ??
nagarimagek: ooo, dalam konteks uang kembali, tentunya akan dikembalikan ke konsumen melalui agen…
blinxsatan: semacam refund ke agen ??
nagarimagek: iya…
blinxsatan: yang dihitungberdasarkan banyaknya barang yg keluar ??
nagarimagek: berdasarkan pembeliannya pak
nagarimagek: kalau dia belanja 1 juta, ya dikembalikan 1 juta…
blinxsatan: klo dalam bisnis pak roni adakah fungsi Sales yg juga berperan penting ??
nagarimagek: sales sy adl para agen itu..
nagarimagek: jelas penting pak..
blinxsatan: jadi pak roni punya margin keuntungan yg sangat besar ya😀
nagarimagek:😀 wah, jangan gitu dong ah…ini rahasia perusahaan.. .:D
edieskurniawan: Pak Roni, kalo penjualan secara langsung pembeli kan bisa langsung membuktikan sensasional offer yg kita tawarkan, nah kalo secara online, sy sendiri kalo dpt menawaran yang ada embel2 BONUS, GRATIS, BEBAS, GARANSI dll deh kok malah curiga yah jangan2 ini penipuan, pertanyaannya bagaimana menerapkan online irresistible sensasional offer, yg tdk buru2 dicurigai penipuan soalnya customer kan harus transfer uang dulu sebelum membeli?
nagarimagek: itu dia…
nagarimagek: selain itu semua, org jg hrs percaya sama kita…
nagarimagek: hrs dibangun kepercayaan. ..
nagarimagek: contohnya, wkt sy bikin online, sy gandeng pak tung..otomatis org jd percaya..
nagarimagek: di setiap seminar, pak tung ngomongin manet…jadi tambah dipercaya…
anaqinabil01: Pak Roni… pertanyaanya mana nih …. koq cuma jawaban dari Pak Roni sih
nagarimagek: kadang orang menggunakan sertifikat utk kepercayaan, ijazah, surat ijin, prestasi, testimony, dll…
edieskurniawan: % ia Pak, tips unt building trust ini penting lho…
nagarimagek: gini aja pak, pake logika aja…
emasestu: % ato nama : warung barokah, senyum muslim,
nagarimagek: di antara org yg gak percaya, pasti juga ada yg percaya…
nagarimagek: tentu saja kita tetap harus bangun nama, utk kepercayaan itu…
edieskurniawan: ? sama satu lagi Pak, gimana tips2 membuat sensasional offer yg dahsat? apa perlu dibuat lomba ya Pak?
nagarimagek: wah, itu pake otak kanan aja pak..
nagarimagek: biarkan ide2 gila muncul…
nagarimagek: contoh2nya sdh sy sampaikan di pengantar conference via milis..
nagarimagek: caranya, kita menempatkan diri dari sudut pandang konsumen…
nagarimagek: apa yg dipikirkanya, apa yg dikhawatirkannya. ..
alfayed_2000: pak roni, bagaimana cara mengatasi agar sensasional offer tidak menjadi blunder bagi bisnis kita ?
nagarimagek: itu dia pak..
nagarimagek: lakukan test and measure, lakukan uji coba dalam skala yg kecil, jgn terburu-buru. ..
nagarimagek: soalnya, bisa rugi, kalau tidak cermat…
eko_juna: maaf sptnya td sudah dijawab : tes en measure dan ada huting2 annya
eko_juna: tp silahkan klo pak roni ada yg indin ditambahkan
nagarimagek: mungkin itu aja ya..
nagarimagek: yg penting ilmunya dipraktekkan. ..
nagarimagek: jangan pake otak kiri aja…
eko_juna: pak roni punya list contoh ttg hal ini ya ?
eko_juna: perusahaan2 yg menerapkan hal ini maksudnya
nagarimagek: kan sudah sy sampaikan di pengantar…
nagarimagek: tapi contoh di luar negeri..
nagarimagek: kalau di indonesia apa ya…
lagi : apakah sensasional offer itu bisa tidak rasional pak ?
nagarimagek: hmmm…kalau diback up dgn perhitungan yg matang, sy rasa sih rasional pak…
febbyrudiana: % building trust sangat perlu di dunia online
nagarimagek: cuma, cara penyampaiannya hrs menyentuh emosional..
nagarimagek: iya, bu febby, td sudah kita bahas…
febbyrudiana: selain testimoni, alamat jelas & no.kontak yg bisa dihubungi juga sangat menunjang
nagarimagek: ada contoh menarik dari pak tung…
nagarimagek: dia menjual seminar seharga 900 ribu, kemudian ditawarkan bagi yang daftar sampai tgl tertentu cukup bayar hrg yg sama dan bisa datang berdua…
nagarimagek: ini kan sama aja diskon 50 %!
nagarimagek: cuma cara penyampaiannya yg beda…
nagarimagek: secara rasio, ini diskon 50%, secara emosional, org mrs lebih murah krn bisa datang berdua…
nagarimagek: bagaimana pak alfayed?
blinxsatan: wah berarti ga muncul nih jawabannya
blinxsatan: kira2 bagaimana hierarki sistem distribusi dari pak roni sampe ke konsumen ??
nagarimagek: wah ini di luar topik, mungkin tdk bs jawab di sini..
alfayed_2000: sudah pak … ? bisa diberikan contoh penyampaian yg menyentyuh emosional itu seperti apa pak
blinxsatan: mungkin ini akan berhubungan dengan penawaran unutk para agen bapak
nagarimagek: itu tadi, garansi 30 hari uang kembali, secara emosional, ini mengurangi risiko bagi pembeli…
nagarimagek: secara emosional, org menghindari risiko…
nagarimagek: kira2 begitu pak…
agungkuswanto: ? apa ada yg benar2 mengembalikan barang sebelum 30 hari pak?
nagarimagek: banyak pak:)
agungkuswanto: ? seberapa sering ?
alfayed_2000: ic ic … berarti ada resiko penumpukan barang ya pak, utk melempar brg yang dikembalikan gmn pak ? ada cara atau kiat lain ?
nagarimagek: makanya sy katakan, hrs test and measure, hitungan hrs matang, jangan jadi bumerang…
blinxsatan: dengan banyaknya yg retur, apakah pak roni tidak takut dengan kualitas manet ??
yusuf_ipoenx2001: % ini karena barang reject atau memang sudah dipakai dan tidak suka modelnya pak🙂
nagarimagek: nggak pak, produk sy dibuat di pabrik yg biasa eksport…
nagarimagek: jadi bukan soal barang reject…
nagarimagek: biasanya sih krn produk sy mahal…
blinxsatan: apakah sensational offer yg pak roni berikan banyak juga dipake dalam industri garment ??
yusuf_ipoenx2001: yang biasanya dibalikin soal apa pak?..Gak suka modelnya?..Tapi klo sudah dipakai bisa dibalikin juga ya?..
nagarimagek: sy kurang tahu pak….
yusuf_ipoenx2001: Lho klo produk mahal knp pas pertama beli ya pak?..
nagarimagek: sy nggak tau, itu bagian dari risiko saya…
nagarimagek: namanya manusia pak, kan ada aja alasannya…
nagarimagek: yg penting di kitanya…
nagarimagek: contoh, seminarnya pak tung lagi…
yusuf_ipoenx2001: Tapi klo udah dipakai gak bisa dibalikin pak?..
nagarimagek: ada garansi uang kembali juga…
nagarimagek: ternyata ada yg minta kembali…alasannya dia dibiayai oleh kantor..
blinxsatan: apakah sensational offer yg pak roni berikan banyak juga dipake dalam industri garment ??
nagarimagek: jadi kalau uangnya dikembalikan, akan masuk kantong dia…
nagarimagek: sy lihat belum pak…
nagarimagek: tapi, di metro sudah diterapkan juga…
nagarimagek: metro dept store…
blinxsatan: jadi masih inovasi sendiri ya pak
nagarimagek: kalau di amerika sudah umum pak..
nagarimagek: bahkan tanpa batas waktu, kapan pun…
blinxsatan: nah klo sudah umum kira2 apalagi yg bisa diberikan ya ….:D
blinxsatan: biar jadi pembeda dari yg lain ??
nagarimagek:😀 be creative aja…
blinxsatan: hehehehehe.. ..
nagarimagek: otak manusia itu punya kemampuan tanpa batas…
alfayed_2000: “beli 1 dapet 2″ , ” diskon 70% sblm tgl xx/xx/2006″, “gratis umroh utk pembeli ke 1000”, kurang lebih seperti itu ya pak …
nagarimagek: yup…
nagarimagek: dateng ber 4 cukup bayar 2…
nagarimagek: kunjungan ke 6 gratis…
blinxsatan: yup…
nagarimagek: 10 menit lagi mau closing ya…
blinxsatan: terus terang saya masih ke arah harga yg paling murah untuk produk saya
agungkuswanto: ada buku2, website2 yg kasih contoh2 iso ini gak pak roni?
blinxsatan: jadi blom ke arah sensational offer
nagarimagek: oya, ada yg terlupa…
blinxsatan: apa tuh pak roni
nagarimagek: marginnya harus menutupi pak…
alfayed_2000: “belanja 10jt, free business coach with badroni yuzirman” …😀
nagarimagek: kalau marginnya tipis, berbahaya…
blinxsatan: yaa…itu yg paling ‘pusing’
nagarimagek: ada yg cerdik pak, carrefour…
nagarimagek: “ada yg lebih murah? kami ganti selisihnya”
blinxsatan: saya ingin merangkul sales, agen, maupun konsumen
nagarimagek: padahal berapa sih selisihnya? hahaha…
alfayed_2000: minimal margin berapa % pak ? apa tergantung dari sensasional offer kita atw ada hitung2an lain ?
nagarimagek: sekarang lebih sensational lagi: “kami ganti selisihnya 2x lipat”
eko_juna: ok waktu tinggal 8 menit lagi
blinxsatan: oooo..gitu ya…
nagarimagek: sy belum punya referensi utk produk yg marginnya tipis..
blinxsatan: jadi masih bisa diambial dari profit kita
nagarimagek: tapi, tetap cara ini bisa dipraktekkan. ..
blinxsatan: kebanyakan barang komiditi pak
nagarimagek: ya itu tadi, be creative…
nagarimagek: mulai dari sudut pandang konsumen…
blinxsatan: oke…
nagarimagek: biasanya, kalau margin tipis, konsumen jg nggak minta yg macam2…
nagarimagek: mrk juga tau kok…
blinxsatan: tapi bisa jadi dicap barang murahan hehehehehe.. .
nagarimagek: oke, closing ya….
blinxsatan: apalagi klo lagi mo branding
nagarimagek: sy kira itu yg bisa sy sampaikan…
nagarimagek: mudah2an bermanfaat.. .
nagarimagek: ini bukan soal teori benar salah…
nagarimagek: tapi ini sudah berlaku umum, cuma kita sering tidak sadar…
nagarimagek: ini bukan ilmu baru…
nagarimagek: katanya, alm ayahnya pak hadi juga melakukannya. ..sebelum indonesia merdeka dulu…
nagarimagek: utk selanjutnya, mungkin ada di antara kita yg juga punya sesuatu yg bisa disharing kepada teman2, saya persilakan.. .
nagarimagek: jangan disimpan aja ilmunya… dibagikan… .jadi amal…insya Allah…
nagarimagek: wassalamu’alaikum wr wb…
eko_juna: dengan ini conference sy tutup
eko_juna: silahkan bagi yg masih ingin chat🙂
anaqinabil01: Thanks pak & salam sama Pak Haji
blinxsatan: terima kasih banyak pak roni semoga membawa pencerahan buat bisnis saya
parvidia: Terima kasih pak Rony atas sharingnya, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: