Oleh: karanetclub | Agustus 17, 2010

Meningkatkan Penjualan 2.000%

Ada beberapa respons yang saya dapatkan, jika saya mengatakan bahwa penjualan kita bisa meningkat hingga 2.000% dengan menggunakan berbagai strategi yang terdapat dalam Marketing Revolution saya.

Respons itu antara lain “Bohong!”, “Tidak mungkin!”, “Mustahil!”, atau “omong
kosong!”. Begitulah kiranya pertama kali jawaban yang akan muncul dari
pernyataan saya tersebut. Namun, hal itu benar-benar sudah terbukti, bahkan peningkatan penjualan hingga 2.000% tersebut terjadi di saat kondisi resesi!

Peningkatan penjualan tersebut terjadi pada salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Bali.Pada saat terjadi Bom Bali I, sempat terjadi resesi yang di
antaranya sangat memukul industri penjualan kredit sepeda motor di seluruh
Pulau Dewata tersebut. BPR itu ternyata juga mengalami imbasnya, penjualan
sepeda motor yang sebelumnya bisa mencapai 7.000 unit,menurun tajam menjadi 800 unit saja.

Tapi,setelah saya coachdan tentu saja disertai kemauan yang sangat kuat dari
pemiliknya untuk bangkit kembali, lewat penerapan sistem produktivitas terkait penghasilan,akhirnya meskipun dalam kondisi resesi sekalipun, hanya dalam waktu lima bulan kemudian, kredit sepeda motornya mengalami kenaikan 2.000%, meski dengan suku bunga tiga kali lipat lebih tinggi dari biasanya.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengadakan pembenahan dari para pemasarnya,mereka dijelaskan dengan detail mengenai penerapan sistem produktivitas berkait dengan penghasilan yang hasilnya akan sangat
menguntungkan pula bagi mereka. Selain itu, dilakukan perubahan format iklannya karena sebelumnya telah dibuat berbagai iklan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan berbagai hadiah menarik, di antaranya sepeda motor, tetapi ternyata hasilnya tidak efektif.

Meskipunsebelumnya pemilik bank tersebut memberikan penjelasan bahwa penurunan penjualan diakibatkan terjadinya resesi di Bali, sekali lagi saya menegaskan bahwa di balik semua resesi pasti ada peluang, selalu ada perusahaan atau orang yang menjadi semakin dahsyat dan menjadi kaya raya secaracepat.

Karenaitu,padasaatitusaya minta BPR tersebut harus menerapkan USP (Ultimate advantage,Sensational offer, Powerful promise) dalam setiap kegiatan pemasaran yang dilakukannya. Dari sisi usaha pemasaran, diupayakan cara mendatangkan calon konsumen sebanyak mungkin terlebih dahulu.

Maka, harus dibuat suatu iklan yang sensasional, misalnya “Kredit sepeda motor dari BPR kami, cicilan per hari cukup Rp19.900,dan hanya dalam tempo dua tahun sepeda motor menjadi milik Anda. Jauh lebih murah daripada Anda menyewa sepeda motor per hari Rp30.000”. Dalam iklan tersebut sebenarnya ada yang “gelap”,di antaranya berapa besar sebenarnya uang mukanya? Berapa bunganya?

Sepeda motornya merek apa? Akan tetapi, sudah terbukti bahwa banyak sekali orang yang tertarik dengan iklan seperti itu. Begitu para calon konsumen itu datang di BPR tersebut, harus dibuatkan suatu program penjualan agar mereka mau menjadi konsumen, yaitu dengan tiga jurus, yaitu “Ada”, “Bisa”, dan “Boleh”.

Padasaatcalon konsumen tersebut datang,tibatiba menanyakan apakah syarat kreditnya harus mengambil waktu dua tahun? Apakah uang mukanya harus Rp2 juta? Kalau saya hanya memberikan uang muka satu Rp1 juta, bisa atau tidak? Maka, karyawan yang menangani hal tersebut harus dilatih agar dengan cepat menjawab, “Bisa, tetapi waktu peminjamannya diperpanjang menjadi tiga tahun.”.

Sementara jika ada yang menanyakan kalau tidak memakai uang muka, boleh tidak? Maka, harus segera dijawab, “Boleh, tetapi kalau tidak memakai uang muka tidak bisa memakai cicilan uang harian. Caranya,Anda bisa mengangsur 12 kali dan setiap bulannya mencicil Rp1 juta, bisa kan Pak? Jika bisa,cukup dengan membayar angsuran pertama sebesar Rp1 juta,maka sepeda motor boleh dibawa pulang.”.

Lalu, jika calon konsumen itu menjawab, “Wah, tetapi saat ini saya belum
mempunyai uangnya,” maka kita harus bisa memberikan alternatifnya, seperti, “Tetapi,Bapak nantinya bisa mengangsur Rp1 juta tiap bulan kan? Kalau memang bisa,silakan Bapak tanda tangani form ini terlebih dulu.Jadi,pada saat nanti Bapak memberikan angsuran pertamanya, sepeda motor akan segera kami kirim.”

Demikian antara lain cara-cara untuk meningkatkan penjualan hingga 2.000%. Terus ikuti artikel saya di koran SINDO ini karena telah banyak orang mendapatkan hasil yang sangat dahsyat dengan mempraktikkan apa yang telah saya ajarkan dalam Marketing Revolution saya. Giliran anda pula untuk segera take action dan mendapatkan hasil yang dahsyat.(*)

Tung Desem Waringin
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business
2005


Responses

  1. nice post..thx Gan…lgs dicoba…

  2. Tank’s

  3. Pelajaran yang sangat berarti..tank’s

  4. Belajar dari pengalaman bapak,akan lebih cepat 10 kali lipat di banding dengan belajar hanya sekedar teori penjualan…trima kasih banyak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: