Oleh: karanetclub | Agustus 17, 2010

Penawaran,Hal Sangat Penting dalam Bisnis Anda

Menurut Zig Ziglar, “Kalau kita cukup mampu memenuhi apa yang orang lain
inginkan, kita akan mendapatkan yang kita inginkan pula.”

Karena itu,sangatlah penting bagi kita sebagai seorang yang bergerak dalam
bisnis untuk memperhatikan bentuk penawaran yang tepat. Karena, jika kita mampu memberikan penawaran yang tepat seperti yang orang lain (calon konsumen atau konsumen) inginkan, hasil pemasaran bisnis kita bisa sesuai yang kita inginkan.

Sebab itu,menurut saya,hal pokok paling penting dalam suatu bisnis adalah
sebagai berikut.

1.Bukan business card.

2. Bukan kantor (secara fisik). Kita bahkan bisa memulai bisnis dari garasi
kita seperti yang telah saya lakukan. Ternyata, setelah saya kelola dengan
profesional, meskipun bermula dari sebuah garasi, bisnis saya bisa berkembang sangat pesat hingga kini.

3. Bukan Mr Hi Tech. Karena, sehebat apa pun teknologi yang Anda punyai dalam perusahaan Anda, hal itu tidak akan berarti jika kita tidak mampu memasarkan kelebihan produk/perusahaan kita.

4. Bahkan, bukan pula produk atau jasa Anda. Yang paling penting dalam suatu bisnis adalah penawaran. Karena, pada hakikatnya bisnis tidak akan ada sebelum terjadinya penawaran.Sebab itu, sebenarnya, meskipun Anda tidak mempunyai produk atau jasa Anda sendiri,Anda pun bisa menawarkan produk atau jasa orang lain.

Misalnya pada saat terjadi stagnasi dalam penjualan apartemen secara nasional, saya menawarkan untuk membantu penjualan suatu perusahaan penyedia apartemen agar bisa meningkat pesat.Kemudian pemilik apartemen menanyakan kepada saya, “Pak Tung bisa menjualkan berapa banyak apartemen saya?” Saya pun menjawab,”Bukan berapa banyaknya, Pak, tapi berapa cepat saya bisa menjual apartemen Anda.”

Akhirnya, saya menyanggupi penjualan 152 unit apartemen hanya dalam 1 hari –secara spontan pemilik apartemen tersebut sangat kaget mendengar jawaban saya.Benar,152 unit dalam sehari! Saya pun memberikan penawaran, jika saya bisa membantu menjual 152 apartemen dalam sehari,saya berhak untuk mendapat satu apartemen gratis, tetapi jika tidak mencapai target (misalnya hanya 72 apartemen), saya akan membayar 50% dari satu apartemen yang akan saya beli.

Akhirnya, dengan berbagai strategi marketing yang saya lakukan, target tersebut dapat tercapai tepat waktu. Banyak sekali kita jumpai sekarang ini, orang atau perusahaan yang memasang iklan tetapi tidak memuat suatu penawaran tertentu yang dirancang dengan matang dan terarah. Hal itu bisa terlihat antara lain di dalam iklan maskapai penerbangan.

Di satu sisi ada perusahaan yang mengalami kebangkrutan meskipun sudah beriklan terus-menerus, yang salah satu alasannya karena avturnya atau bahan bakarnya naik.Namun, di sisi lain, ternyata kita bisa menjumpai ada beberapa maskapai penerbangan yang justru membeli beberapa pesawat baru dalam kondisi avtur naik sekalipun,antara lain karena mempunyai strategi iklan yang efektif, yang mengandung irresistible sensational offer (ISO), yang membuat banyak konsumen berminat kepada maskapai penerbangan tersebut.

Sayangnya, banyak iklan dengan biaya besar tanpa disertai adanya ISO, tanpa
adanya suatu penawaran yang kuat. Karena itu, sering suatu perusahaan harus mengeluarkan biaya besar dan hasilnya sia-sia belaka. Temukan berbagai ide dan inspirasi pemasaran yang dahsyat dengan Marketing Revolution saya dan tentunya yang telah teruji untuk meningkatkan pemasaran berbagai perusahaan.Maka,selalu ikuti artikel MARKETING REVOLUTION saya di koran SINDO.(*)

Tung Desem Waringin
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business
2005


Tinggalkan Balasan

Kategori

