Oleh: karanetclub | Agustus 19, 2010

Tingkatkan harta anda

Menurut Robert T Kyosaki (RTK), harta atau benda yang kita miliki dapat dibagi dalam 2 kategori, yaitu : Assets dan Liabilities.

Assets adalah harta yang dapat menghasilkan income lebih besar dari pada biaya yang harus dikeluarkan pemiliknya untuk perawatannya, biasa disebut penghasil Cash In (CI).

Liabilities adalah harta yang mengharuskan pemiliknya mengeluarkan biaya perawatan lebih besar dari pada income yang dapat dihasilkannya, biasa disebut penyebab Cash Out (CO).

Sebagian orang mengkatagorikan rumah adalah asset, namun sebagian lainnya mengkatagorikan rumah adalah liabilities. Berdasarkan dari definisi RTK diatas, untuk memasukan di katagori mana rumah itu, dapat dianalisa dari seberapa banyak rumah itu dapat menghasilkan income dibandingkan dengan seberapa besar rumah itu membutuhkan biaya perawatan

misalnya Income yang dihasilkan rumah bila disewakan adalah Rp. 7 jt/tahun. Dengan tingkat inflasi 12%/tahun, maka harga rumah awal yang Rp. 200 jt, tahun depan menjadi Rp. 224 Jt, sehingga selisihnya Rp. 24 jt, sehingga total income yang dihasilkan adalah Rp. 7 jt + Rp. 24 jt = Rp. 31 jt/tahun.

Biaya perawatan 1 tahun meliputi: pembayaran PBB, pengecatan rumah, perbaikan apabila ada kerusakan (genteng bocor, pintu rusak, wc mampet, dll), pemeliharaan taman, listrik, telpon, air/pam, biaya emergency apabila ada kerusakan mendadak lainnya.

Jika dibandingkan antara income yang diperoleh dari menyewakan rumah dan biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat rumah, apabila income lebih besar dari pada biaya perawatannya,
maka harta merupakan asset.

Sebaliknya, apabila income lebih besar dari pada biaya perawatanya, maka rumah itu termasuk liabilities, meskipun rumah tersebut dalam kondisi disewakan. Ini berlaku untuk barang lainnya seperti mobil, motor, tanah, barang elektronik, dll

Buat list barang/harta yang telah dimiliki dan identifikasi masuk dalam katagori apa, merupakan cara pertama untuk berubah menuju financial freedom. ” Pengenalan dan pemetaan kondisi saat ini”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: