Oleh: karanetclub | Agustus 22, 2010

Teknik marketing yang menghasilkan

MELANJUTKAN cerita minggu lalu tentang pertandingan bela diri. Pada saat hari pertandingan tiba, murid tersebut tetap hanya menggunakan satu jurus untuk bertarung dengan semua lawan-lawannya.

Ketika menghadapi lawan pertama, dengan cepat dia bisa melakukan kuncian.
Dengan cepat pula lawan itu tidak bisa bergerak sama sekali dan langsung
menyerah. Demikian seterusnya hingga babak ketiga. Dia hanya menggunakan satu jurus dan berhasil mengalahkan semua lawan-lawannya dengan cepat.

Ketika masuk babak semi final,dia berkata kepada gurunya, “Waduh guru, sudah tiga kali saya menggunakan jurus ini, nanti akan ketahuan oleh lawan saya
selanjutnya,please, tolong saya diajarkan jurus sakti yang lain sehingga saya
bisa menang lagi,”. Murid tersebut terus memaksa sambil berkata,”Guru,tolong ajarkan kepada saya jurus yang lain,”. Namun gurunya menjawab, “Praktikkan jurus itu lagi.Sekarang belajar lebih cepat dan lebih kuat!”.

Setelah beberapa minggu lagi, ketika muridnya mengatakan,”Guru saya sudah
ahli,”Namun,gurunya menjawab dengan tegas, “Sudahlah, kamu memakai jurus itu saja, dengan lebih cepat dan lebih kuat,”. Akhirnya dengan sedikit
terpaksa,murid itu maju ke babak semi final dengan tetap menggunakan satu jurus tadi, dan ternyata lawannya terkunci dengan cepat juga dan akhirnya menyerah.

Dia berteriak merayakan kemenangannya tersebut.Kemudian dia masuk final,dan lawannya kali ini adalah juara bertahan selama tujuh kali
berturut-turut.Spontan dia berkata lagi kepada gurunya,”Waduh guru…, kali ini saya mati beneran,dia tujuh kali juara bertahan,dan saya empat kali menang hanya menggunakan satu jurus yang sama terus-menerus.

Bagaimana saya bisa menang melawan juara ini?”Dia sudah tampak mulai stres dan berkata, “Tolong, ajarkan saya jurus sakti yang baru, tolonglah saya guru!”. Gurunya menjawab, “Tidak! Kamu tetap masuk final hanya dengan satu jurus itu dengan lebih cepat dan lebih kuat,”. Dan ketika akhirnya dia melawan juara bertahan itu dengan hanya menggunakan satu jurus yang digunakan sebelumnya, ternyata dalam waktu singkat pula juara bertahan itu terkunci dan menyerah kalah.

Dia merayakan dengan kegembiraan yang luar biasa. Malam harinya, murid tersebut pulang dan disambut dengan pesta yang sangat meriah. Ketika semua sudah pulang dari pestanya, yang masih tinggal hanya dia dan gurunya, duduk di tepi pantai melihat ombak yang menderu serta bintang dan bulan yang bersinar cerah. Murid itu bertanya kepada gurunya, “Guru, saya tidak habis pikir,mengapa saya bisa menjadi juara hanya dengan satu jurus?”.

Gurunya menjawab, “Ada dua hal mengapa kamu bisa menjadi pemenang. Pertama, teknik kuncianmu itu adalah teknik kuncian yang paling hebat di dunia bela diri, sangat sulit diantisipasi. Apalagi, kamu jalankan dengan kekuatan dan kecepatan luar biasa. Kedua, teknik kuncian ini hanya bisa dihindari apabila lawan kamu memegang tangan kananmu. Sedangkan,kamu tidak mempunyai tangan kanan!”

Demikian juga halnya dengan dunia marketing. Kitaharusterusmengembangkandanfokus kepada teknik-teknik yang bermanfaat dan fokus kedua adalah menghilangkan kelemahan kita (atau bahkan membuat kelemahan menjadi kekuatan),maka kita akan sukses.

Teknikteknik yang bermanfaat dan terbukti berhasil, yakni kita fokus
mengembangkan USP – Ultimate Advantage, Sensational Offer, dan Powerful Promise yang ada pada kita atau bisnis kita.Kita harus tekun dan disiplin untuk selalu mempertajam fokus dan terus mempraktikkan agar semakin sempurna.Kita akan mendapatkan hasil yang sangat luar biasa, baik untuk
kehidupanataupunbisniskita.Karenaitu,sekali lagi,jurus pertama adalah USP.(*)

Tung Desem Waringin
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business
2005


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: