Oleh: karanetclub | Agustus 26, 2010

4 Syarat Menuju Kebebasan Finansial

Jika anda ingin bebas secara finansial, kaya raya dan pensiun dengan berkelimpahan, ikuti 4 syarat sederhana yang diajukan oleh Brian Tracy ini. Keempat syarat ini sih tidak ada yang aneh dan baru. Sederhana sekali. Cuma, dalam pelaksanaannya….Nah di situlah ujian terberatnya…

Keempat syarat ini dapat disingkat menjadi rumus 4 D, yaitu:

1. Anda harus benar-benar menginginkannya (Desire). Anda harus benar-benar menginginkan kebebasan finansial itu dengan komitmen penuh dan tak tergoyahkan. Anda harus bersedia mengorbankan dan menunda kesenangan jangka pendek demi menikmati kesuksesan finansial jangka panjang.

Tunda segala pengeluaran yang sifatnya konsumtif seperti membeli mobil mewah, rumah besar, pakaian baru atau peralatan elektronik baru. Itu semua adalah spending yang “mematikan” uang anda.

Investasikanlah uang itu untuk mengembangkan bisnis, untuk pendidikan anda alias untuk leher ke atas, untuk menciptakan passive income. Seorang teman TDA yang baru memulai bisnis, merasakan perubahan pola pengeluaran uangnya setelah menjalani bisnis. Biasanya ia dengan mudahnya mengeluarkan uang untuk membeli pakaian baru. Sekarang, setiap ada keinginan membeli pakaian baru, ia selalu berpikir, “Ah, sayang ah uangnya. Mendingan buat beli barang untuk nambah stok”.

Seorang teman berkeluh kesah mengenai bisnisnya yang jalan di tempat. Sementara teman-teman lainnya sudah berlari kencang. Ia mulai menyalahkan “kurikulum” yang diajarkan di TDA. Saya cuma menanggapinya dengan singkat, “sebenarnya, seberapa kuatkah keinginan anda untuk mengembangkan bisnis ini?”

2. Anda harus membuat keputusan (Decision). Putuskan sekarang juga bahwa anda menginginkan kebebasan finansial. Anda harus bersedia membayar berapa pun harganya untuk mencapi tujuan itu.

Ingat, apa yang anda alami hari ini adalah hasil dari keputusan anda di masa lalu. Apa yang akan anda alami di masa mendatang adalah hasil keputusan anda hari ini. Dengan kata lain, jumlah uang yang ada di rekening anda saat ini adalah konsekuensi keputusan anda beberapa waktu lalu.

Nasib anda atau takdir anda ditentukan oleh keputusan yang anda ambi hari ini.

3. Anda harus punya tekad (Determination). Anda harus berketetapan hati untuk bertahan sampai mencapai sukses, dengan segala konsekuensi tantangan dan hambatan yang dihadapi di dalam perjalanan mencapai itu.

Jangan pedulikan berapa kali anda jatuh. Syarat untuk menjadi sukses adalah bangkit lagi setiap kali jatuh.

Kemarin di CNBC ada talshow Billionaire Inside bersama Donald Trump. Ketika diminta memberikan pesan terakhir kepada pemirsa, ia hanya mengatakan “Never give up! Don’t you ever give up!”

Tekad dan ketahanan diri adalah syarat terpenting menuju kebebasan finansial.

4. Anda harus memaksa diri anda melakukannya (Discipline). Anda harus mengembangkan kedisiplinan yang merupakan akumulasi tindakan-tindakan kecil dan rutin dalam perjalanan anda mencapai kebebasan finansial itu.

“Excellence, then is not an act, but a habit”, kata seorang filusuf (saya lupa, mungkin Plato ya).

Anda harus bangun lebih pagi, bekerja lebih smart, berpikir lebih banyak, mempelajari hal-hal baru, mengikuti perkembangan terbaru di industri anda, dan menguasai keterampilan-keterampilan baru guna mengakselerasi pencapaian kebebasan finansial itu.

Buatlah skala 1 sampai 10 untuk menilai diri anda dalam kaitannya dengan keempat D itu (Desire, Decision, Determination dan Discipline). Dengan begitu anda akan mengetahui seberapa baik anda saat ini dalam keempat kualitas itu. Berapa pun nilai anda, bertekadlah memperbaiki setiap bidang dengan melatih kualitas itu kapan pun di butuhkan.

Saya sendiri pun akan menilai diri saya sendiri. Topik ini insya Allah akan saya jadikan salah satu topik dalam pertemuan mastermind pagi ini di kantor saya.

Isn’t that interesting?

Salam FUUUNtastic!
Ingat 4D: Desire, Decision, Determination, Discipline.

Roni, Owner Manet Busana Muslim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: