Oleh: karanetclub | September 13, 2010

Ide Bisnis Segar untuk Anda

Mungkin ada yang pernah pesimis mengatakan bahwa menjadi pengusaha yang sukses di Indonesia harus memiliki koneksi dengan pengusaha besar ataupun pemerintah. Jika begitu, maka pikiran tersebut sebenarnya sudah menahan langkah untuk maju.

Saya ingin berbagi beberapa ide usaha dengan modal kecil untuk anda. Mungkin anda memiliki minat membuka usaha berikut dibawah ini, sebagian sudah menjadi usaha umum di masyarakat.

1. usaha bakso gelas
cobalah menjadi pengusaha bakso gelas. Peralatan yang anda butuhkan hanyalah gerobak, kompor gas, panci, gelas plastic dengan tutupnya, sendok plastic, saos sambel bungkus, dll.

Usaha ini bisa dijalankan dengan gerobak yang didesain cantik dan dipasarkan di mall-mall ataupun pasar tradisional. System pemasaran adalah dengan mengemas pesanan bakso di dalam gelas sehingga bisa dibawa pulang ataupun di makan di tempat dan gelas dapat di buang segera setelah digunakan. Prinsip usaha yang utama dan bisa ditulis di spanduk jualan bakso anda adalah : bakso HIGIENIS, SEHAT DAN BERGIZI. Ingat, bakso yang dijual harus bebas bahan pengawet dan pewarna berbahaya.

2. usaha isi ulang pulsa keliling
Dengan berkendara motor atau mobil anda bisa memasarkan pulsa elektrik ataupun voucher dimana saja, bebas pajak bangunan.

3. usaha rujak gelas
Rujak dimanapun disukai. Apalagi cuaca panas bisa bikin lidah bergoyang kalo makan rujak pedas. Disajikan menarik dan bersih, dengan harga tak terlalu mahal, jual lah rujak dalam satu gelas transparan. Rujak pasti diminati

4. usaha warung internet keliling
Warnet identik dengan lokasi tetap di dekat perumahan, sekolah ataupun lokasi lainnya, penuh dengan peralatan computer yang besar dan sulit dipindah-pindah. Lainnya hal nya dengan usaha warnet keliling, anda menggunakan peralatan yang bersifat ringan dan mudah dibawa-bawa. Peralatan yang dibutuhkan adalah notbuk, kabel jaringan, kursi plastic dan meja plastic. Warnet ini bisa di buka dimana saja yang diinginkan, mengikuti kelompok target masyarakat yang sering berkumpul.

5. usaha salon berjalan
Jika anda punya mobil, usaha ini bisa dilakukan. Misalnya pada minggu pagi banyak yang habis berolahraga di alun-alun. Mobil salon anda bisa memberikan paket murah meriah untuk menicure pedicure dan creambath. Atau anda bisa menerima panggilan jasa creambath ke rumah-rumah, nyalon ga mesti dateng ke tempat anda.

6. penulis buku
Jadikan diary anda menjadi sebuah buku seperti dilakukan oleh radityadika penulis favorite saya, saya menjadi fansnya sejak buku cinta brontosaurusnya launching, setelah baca buku itu saya mulai mencari setiap buku hasil karyanya. Jika anda punya ide segar, tulis menjadi draft buku lalu kirimkan pada setiap penerbit yang ada di kota anda, jika diterima syukur jika tidak mintakan saran dan kritiknya agar buku anda lebih baik pada kemudian hari.

7. usaha rental buku/komik
buatlah garasi rumah anda usaha rental komik/buku. Sayang jika harus diloakkan sedangkan buku2 tersebut adalah koleksi berharga anda. Lebih baik di pinjamkan dan dapet uang.

8. usaha air es atau minuman ringan dingin
Bertempat di alun-alun atau kerumunan banyak orang, juallah coca cola dingin atau minuman ringan lainnya. Dengan hanya duaribu rupiah, minuman tersebut bisa diserbu dan anda kebanjiran order.

9. usaha penitipan anak
Buka usaha dengan membuka satu lot atau dua lot di mall kota anda. Usaha penitipan ini anak ini pasti diminati. Berikan paket murah misalnya perjam 15rb. Pasti banyak para ibu yang bisa menitipkan anak mereka. Namun harus diperhatikan penitipan anak juga dilengkapi dengan arena bermain dan belajar bagi anak.

10. usaha karaoke instan.
usaha ini sedang diminati di mall mall. Kenapa anda tidak bikin sendiri box karaoke? modal hanya tv dan alat audio video. Anda bisa setting sendiri sesuai kriteria anda.

Intinya sih, persaingan usaha kecil di Indonesia yang semakin gede, jangan sampe menyurutkan niat untuk usaha. Misalnya harus disikapi satu keuntungan dengan semakin banyaknya jumlah bayi wanita sehingga total wanita lebih banyak dari pria, maka usaha di bidang jasa dan barang untuk wanita bisa dilirik.

Satu hal lagi, biasanya konsumen paling males jika butuh sesuatu harus keluar rumah, dalam kondisi panas banget, hujan deras..maka jika anda sudah punya usaha misalnya retail atau salon atau catering, jangan cuma manyun di tempat anda. Usaha baru ‘anda beli kami antar’ bisa jadi pilihan ekspansi. Ga ada yang bisa merintangi meski hujan duit sekalipun hehehe

USAHA YANG SUDAH BANYAK DILAKONI
usaha-usaha dibawah ini sudah banyak dilakoni oleh masyarakat dengan modal kecil dan sudah banyak yang sukses menjalaninya.
1. usaha berdagang retail (minimarket ataubisa juga warung kecil di rumah)
2. usaha kue ulangtahun
3. usaha desain web. (beli satu paket webdesign jual satuan)
4. usaha franchise

Biasanya usaha franchise butuh modal awal minimal 200rb, misalnya saja:
1.franchise makanan (bakso, restoran, es krim, kebab, burger dll)
grobak kecil modal 2 jt
toko kecil modal 20-50jt
toko besar modal diatas 50jt
2. franchise IT (hosting, ISP, desain web)
modal dari 200rb – 20jt
3. franchise mini market (alfamart, indomaret dll)

Banyak lagi ide franchise ataupun usaha lainnya, anda cobalah mencari informasi sebanyak-banyak nya dimanapun pada siapapun. Dan setelah sukses, jangan lupa berbagi ilmu dan sharing kepada pemula lainnya. Selamat mencoba

http://textadsme.blogspot.com/2010/08/ide-bisnis-segar-untuk-anda.html


Responses

  1. Idenya menarik nih…bisa dicoba salah satunya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: