Oleh: karanetclub | Mei 9, 2011

Nasehat Roniyuzirman,Bisnis adalah silahturahmi

Seperti biasa, di pagi hari jadwal saya adalah mengantar dan menunggui anak sekolah.

Waktu “menganggur” itu banyak saya manfaatkan di salah satu kafe di Citos sambil melakukan apa saja yang bisa dilakukan, browsing, membaca, melakukan pekerjaan, atau menerima tamu.

Kali ini saya kedatangan tamu salah seorang member dari TDA Depok, Pak Beky namanya.

Ia bercerita tentang bisnisnya dibidang bimbingan belajar privat yang sudah dikelolanya selama 15 tahun. Sudah lebih dari 5.000 murid diajarinya bersama dengan jaringan guru sebanyak 3.000 orang di seluruh Jabodetabek.

Dalam sebuah wawancara di majalah bahkan ia dinobatkan sebagai Raja Les Privat. Saya setuju, karena saya sendiri belum pernah mendengar ada lembaga les privat yang mengelola jaringan seluas ini.

Pengguna jasanya sangat luas, mulai dari kalangan biasa sampai artis dan pejabat.

Berkenalan dengan para pejabat dan artis ini juga telah membuka jaringan dan wawasan tersendiri buat Pak Beky. Contohnya dengan keluarga Hilmy Panigoro yang begitu dihormatinya.

Dari Pak Hilmy yang menurutnya sangat sederhana dan tekun beribadah ini ia belajar bahwa bisnis itu harus dibuat sistim yang kuat sehingga tidak perlu lagi dikelola day to day oleh pemiliknya.

Lantas apa yang dilakukan oleh pemiliknya? Silaturahim, berkenalan dengan siapa pun sambil membuka jaringan bisnis. Itulah yang selalu dilakukan oleh Pak Hilmy dan sekarang dipraktekkan oleh Pak Beky dengan menemui saya salah satunya.

“Setiap hari saya menjadwalkan paling tidak bertemu 5 orang”, ujarnya. Bisnis saya sudah berjalan sistimnya dan tinggal dikontrol saja.

Dari situ bisnisnya berkembang dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Sejak masuk kalangan pengusaha besar dan pejabat, bisnisnya makin berkembang dari referensi para pengguna jasanya. Saking dekatnya dengan mereka, bahkan ada di antara mereka yang saat ini jadi salah satu investornya.

Saya belajar sesuatu yang berharga dari pertemuan ini. Bisnis adalah silaturahim atau networking.

Your network is your net worth :)


Tinggalkan Balasan

Kategori

